Welcome to our website !

Arti Sebuah Senyuman

By 23.34

Percaya atau nggak, sebuah senyuman bisa mengubah cara pandang seseorang, menaikkan semangat seseorang, bahkan menjadi motivasi seseorang untuk mencapai cita citanya. Mungkin klise, lebay ataupun terlalu (kalo kata rhoma irama). Tapi gue yakin kok, nggak cuma gue doang yang pernah ngerasain efek dari sebuah senyum. Iya kan?

Kalo dalam kamus besar bahasa Indonesia kata senyum berarti ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.

Buat gue senyum-nya lebih dari sekedar sederetan kata kata dari kamus besar Bahasa Indonesia yang tadi gue kutip. Senyum memberi arti lebih dalam hidup gue. Senyum itu. Senyum itu menjadi motivasi gue selama bertahun tahun lamanya. Motivasi gue buat menjadikan sesuatu sebagaimana mestinya, menjadikan sesuatu lebih dari sebagaimana mestinya.


Dimulai dari gue SMP.


Sekilas, senyum itu nggak berarti apa buat gue. Bahkan merhatiin senyum itu pun nggak. Tapi senyum itu nggak pernah pudar dari wajahnya, itu yang ngebuat gue sedikit demi sedikit mulai cari tahu tentang dia. Well, sebenernya nyari taunya itu nggak sengaja. Mata gue selalu aja nangkep sosok dia kalau dia ada di sekitar gue. Ajaib! Otak gue kaya ada radar khususnya, sampai timbullah satu pertanyaan setiap kali gue liat dia :

”Siapa sih dia?”

Dia. Wajahnya. Senyumnya. Kaya de ja vu buat gue, rasanya gue udah pernah kenal dia lamaaaa banget tapi nyatanya nggak, namanya aja gue nggak tau. Sampai akhirnya, temen sekelas gue bawa buku taunan angkatan 2007. Saat itu angkatan 2007 mau lulus.

Gue sama temen temen sekelas gue mulai ngeliat lembar demi lembar buku taunan. Lucu banget deh, pada kreatif ya. Sampe akhirnya salah seorang temen gue ngebalik lembar buku taunan. Radar gue aktif. Mata gue nemuin senyum itu dalam satu lembaran buku taunan.

Akhirnya gue tau nama pemilik senyum itu.

Terus kenapa? Apa untungnya? Apa ruginya? Nggak ada kan? Gue sendiri nggak tau, bahkan nggak bisa jawab pertanyaan pertanyaan itu. Cuma satu reaksi spontan yang terjadi ketika gue tau namanya : senyum.

Sampai saatnya tiba, dia lulus.

Dia lulus, dan yaudah. Nggak ada rugi dan nggak ada untungnya juga kan buat gue. Jadi yaudah.

Ternyata salah besar, gue jadi semakin sering liat senyumnya. Dia nggak kemana mana. Dia masih tetep disini. DI lingkungan yang sama, karena dia diterima di SMA Negeri 1 Bogor.

Entah kenapa, sejak gue tau dia masuk SMA Negeri 1 Bogor, dorongan buat masuk Smansa jadi lebih besar. Disaat gue gagal masuk SBI Smansa, pertama kali yang kebayang di otak gue : senyum dia. Ngga tau kenapa gue ngerasa takut ngga bisa liat senyum itu lagi. Ini aneh banget. Asli aneh banget. Kenapa gue jadi ngerasa pengen banget bisa terus liat senyum itu? Padahal kenal pun nggak, tau namanya aja baru.

Begitu tau gue diterima di smansa walaupun bukan SBI, gue ngerasa lega banget. Gue bersyukur banget. Bersyukur luar biasa. Bersyukur bisa belajar di SMA ter favorit di kota bogor, bersyukur mimpi gue terwujud, dan bersyukur bisa lihat senyum itu lebih dekat.

Terima kasih, Tuhan, telah mengizinkan aku melihat senyum itu lebih dekat.

Bener aja, Tuhan emang selalu punya cara buat bikin segalanya indah. Tiba tiba wali kelas gue, Pak Setia masuk kelas dan bilang,

Anak anak, mulai besok kelas sepuluh enam masuk pagi. Kelasnya pindah ke kelas yang sebelumnya sebelas ipa 3. Tau kan? Di deket kelas 11 SBI.

Samar samar senyum mulai mengembang. Bener ngga sih kalau dia itu.....

Besok paginya gue berangkat sekolah, inget banget deh, gue pake cardigan warna biru elektrik, soalnya pagi itu dingin banget, ngga biasa lagi masuk pagi, udah beberapa bulan ini kan gue masuk siang.

Bener aja, dia sang pemilik senyum itu, ada di kelas sebelah. Semakin hari, senyum itu semakin sering gue lat dan semakin sering senyum itu ngebuat gue senyum simpul.

Dari sudut jendela kelas, gue bisa liat dia kalau lagi bercanda bareng temen temennya di depan kelas, ataupun liat dia lari-lari masuk kelas gara gara telat.

Delapan belas Agustus 2008

Bisa dibilang hari terindah yang ada di hidup gue. Seseorang datang sambil bawa kado, nyalamin gue dan bilang,

"Happy birthday yaaaa..."

Subhanallah, lemes banget deh badan gue. Ngga kerasa air mata gue udah jatoh aja di pipi. Sumpah rasanya campur aduk banget, seneng, haru, ngga nyangka. Kado dari dia sampe sekarang masih gue simpen. Sering gue pake malah

Selama hampir lebih dari empat taun, dari gue SMP, senyum itu jadi motivasi terbesar gue setelah mama dan papa buat terus ke sekolah, buat ngelakuin yang trebaik.


Senyum itu pernah nganterin gue masuk ke gerbang SMA Negeri 1 Bogor, mudah mudahan senyum itu bisa nganterin gue ke Institut Teknologi Bandung.


Amin

You Might Also Like

0 bawelan