Welcome to our website !

Yang kita butuhkan, bukan inginkan

By 16.12

Hidup nggak selalu seperti apa yang kita inginkan.
Manusia pasti punya mimpi, at least keinginan. Sadar atau nggak, dengan pieces of dream kita bisa ngebangun dunia fantasi kita sendiri. Ngalamin nggak sih kalau kita lagi ngelamun, kita suka senyum senyum sendiri. Iya kan?

Andaikan lo jadi arsitek, pasti lo ngerancang rumah idaman lo selengkap lengkapnya, sebagus bagusnya kan? Begitu juga mimpi, pasti lo pengen jadi orang yang sukses se sukses suksesnya dan bahagia sebahagia bahagianya. Mimpi itu otomatis ngebangun target di otak lo. Mimpi itu juga yang bikin lo jadi semangat untuk menjadi lebih baik demi meraih mimpi lo. Semua usaha bakal lo lakuin demi mimpi lo, bahkan bakalan lo perjuangin setengah mati.

Dan apa yang terjadi kalau dalam waktu singkat mimpi yang udah lo susun hancur, rumah idaman lo hancur dalam waktu beberapa detik.

Itu yang sempet gue rasain.

Bertahun tahun gue ngebangun mimpi buat bisa ada disana, bisa pake almamater hijau toska, setiap malam sabtu bisa ke lembang, dan banyak hal lainnya yang udah gue bangun dalam jangka waktu bertahun tahun. Itu semua hancur dalam waktu beberapa detik.

"Anda tidak diterima di Institut Teknologi Bandung"
........................................................
.......................................................
............................................................
Dan gue kehabisan kata kata buat ngejelasin gimana perasaan gue saat itu.

Tapi sampai kapan sih gue mau besedih sedih ria?
Gue sempet ngerasa Tuhan itu nggak adil, usaha udah, berdoa selalu. Lalu apa lagi? Kenapa bisa begini? Berhari hari bahkan berminggu minggu gue nyari jawabannya.
Bahkan sampai gue berangkat ke kota Yogyakarta, gue belum nemu jawabannya.

Dan hari hari di Yogyakarta pun dimulai. Beda deh semuanya.
Hari hari di sini, udah pernah gue jelasin di postingan gue yang sebelum sebelumnya.

Tapi hari nggak selalu buruk juga kan? Selalu ada hari dan ada cerita yang menarik untuk dimulai, kan?

Banyak cerita yang lumayan bikin gue tertegun......

Saat itu gue lagi training motivation di gedung teknik kimia.
Dan gue malah ngobrol sama temen temen laskar gue. Saat itu gue lagi ngerasa orang paling poor sedunia. Gue ngeluuuuuuuhhhhhhh mulu kerjanya.
Sampai sampai............
M : Emang kamu disana dikasih mobil ya, Dan, kalo di bogor?
D : Iya, Mar.
M : Terus bensinnya dikasih?
D : Iya, biasanya kalo mau pake tinggal pake aja udah diisiin.
M : Hmmm gitu, kalo aku biasanya jalan dari rumah ke sekolah. soalnya kalo naik angkutan umum lumayan 2000 sekali naik. Kan lumayan tuh buat ditabung.
D : Jauh, Mar?
M : Ya lumayan. Emang kamu uang jajannya berapa dan sebulan?
D : Satu setengah, Mar.
M : Hah? Juta?
D : Iya....
disitu gue udah malu. malu banget sebenernya.
M : Banyak banget, Dan. Aku 50 ribu sampe seratus tibu seminggu. Tergantung Ayah atau Ibu ada uang apa nggak.
D : Emangnya gimana caranya, Mar? Bisa?
M : Ya dibisa bisain. Sekali makan cari aja yang 3000. Ada kok nasi pecel harganya segitu.
Dan gue cuma bisa bilang
D : kapan kapan ajak aku ya mar.
M : Ayuk yuk

Disitu malu deh gue asli. Asli malu banget. Gue yang udah alhamdulillah gini aja masih ngeluh sana sini, padahal masih banyak yang jauh dibawah gue.

Hari terakhir Ospek Patriot, salah seorang temen gue pingsan pas lagi dijemur. Beberapa temen laskar gue langsung ngebopong dia ke pinggir. Dan sehabis ospek gue sama salah seorang temen gue berbincang bincang tentang insiden jatuhnya MR tadi.

D : May, MR kasian banget ya. Dia sahur nggak tadi pagi?
M : Nggak, Dan, dia nggak sahur
D : Yah itu sih salahnya sendiri, kenapa nggak sahur?
M : Nggak gitu, Dan. MR tuh nggak ada uang buat beli makanan sahur?
D : Hah? Masa sih, May? Segitunya?
M : Aku pernah diceritain, MR tuh disini nggak ngekost. Dia kaya disuruh nungguin rumah gitu di daerah Bantul, ya berarti kalau ospek jam 6 pagi, dia berangkat dari bantul jam 4 pagi. Mana tadi dia nggak sahur. Buat bel air putih aja dia nggak ada uang.

Disitu gue diem, gue inget pas kumpul laskar pertama kali dan rambut dia belum dicukur dengan alasan belum punya uang buat cukur rambut. Sepatu dia juga dilakban hitam soalnya dia cuma punya sepatu satu dan itu warnanya bukan hitam.
Ya Allaaahh........... miris banget dengernya? Sedangkan gue? Baru beberapa bulan aja beli sepatu, udah minta beliin sepatu lagi. Kalau makan nggak abis, kadang kadang disisain. Kalau makanan yang ada di meja nggak sesuai selera gue, gue nggak mau makan dan ngambek sama mama. Padahal ada orang yang buat beli makanan aja dia nggak mampu.

Saat itu gue lagi ngomongin pulang lebaran kapan, ternyata ada salah satu temen laskar gue yang asalnya dari Bogor juga, dia ngedenger gue ngomong tentang Bogor.
R : Dan, kamu dari Bogor ya?
D : Iya Rid, aku dari Bogor. Kamu juga?
R : Orang tua aku di Bogor.
D : Oh gitu, nanti kamu pulang tanggal berapa? Bareng aja yuk sama aku
R : Emangnya kamu naik apa?
D : Pesawat. Aku dapet harga promo nih 300 ribu
R : Mahal banget, Dan?
D : Itu harga promo, Rid. Sekarang tiket kereta juga sama segitu.
R : Kayaknya aku nggak pulang deh.
D : Hah serius?
R : Iya, udah biasa kok. Aku udah 4 tahun nggak pulang dan nggak ketemu orangtua aku.
D : Oh gitu, kamu nggak kangern, Rid?
R : Ya gimana, mau nggak mau. Tapi ya nggak apa apa, disini juga aku banyak temen kok hehehe, jadinya bisa main bareng sama mereka juga.
D : Mmm... kapan kapan kalau aku ke Bogor naik mobil, ikut aku aja, Rid. Hehehe
R : Iyaaa.... makasih Dan

Lagi lagi gue malu. Ini gila, gila banget. Baru dua minggu disini aja gue udah ngeluh minta pulang, kangen sama Bogor. Nah dia? 4 tahun lho nggak ketemu orangtuanya. Dia masih bisa senyum. Ya Allah, gue malu banget sama diri gue sendiri.

Dan inilah mereka.......








Dan gue mulai berpikir, disini gue balajr banyak. Khususnya kesederhanaan yang mungkin nggak bisa gue dapetin kalau gue kuliah di perguruan tinggi lainnya.

Dari wajah wajah mereka tergambar keceriaan dan keikhlasan dalam kesederhanaan.

Walau mereka nggak bawa mobil jazz, mazda, atau bahkan ferrari ke kampus mereka masih bisa tersenyum.

Walau mereka nggak punya blackberry, i phone, notebook, atau ipod merka masih bisa komunikasi dengan lancar satu sama lain tanpa ada hambatan sedikitpun.

Mereka masih bsia menerima satu sama lain meskipun gigi mereka nggak rata karena nggak pake behel (hehehehe).

Mereka masih bisa pergi ke kampus dengan rapi walau baju mereka bukan topman, topshop, zara, ghaudi, atau giordano.
Mereka masih bisa melakukan semuanya dalam kesederhanaan.

Itu semua hal hal yang mungkin nggak bisa gue dapetin kalau gue nggak disini.
Terimakasih Tuhan, telah memberikan saya kesempatan lebih banyak untuk belajar.
Terimakasih Tuhan, telah memberikan semuanya yang saya butuhkan, bukan yang saya inginkan. Sekarang saya mengerti kenapa Engkau menuntun saya kesini, bukan ke tempat lainnya.

Karena kalau Tuhan memberikan apa yang gue inginkan, gue nggak akan punya kesempatan untuk belajar menghargai apa yang kita punya sekarang.

Sekali lagi terimakasih Tuhan.

You Might Also Like

3 bawelan

  1. haha, Yogyakarta, dia mengajari saya banyak hal, ga tau kenapa emang ketika tiba di jogja hati lebih sreg daripada bandung.haha

    BalasHapus
  2. iya dan. gue setuju banget. alsan kenapa milih jogjakartaaaa :D

    BalasHapus
  3. yogyakarta memang selalu meninggalkan kesan manis

    BalasHapus