Welcome to our website !

Titik Balik Minimum

By 17.06

titik balik minimum terjadi apabila koefisien dari x kuadrat adalah positif dan kurva menjadi terbuka ke atas

yaaa kurang lebih kaya gini laah gambarnya


mungkin kata kata itu udah jadi makanan sehari hari anak ipa

yaaa soalnya mau ngga mau itu kurva selaluuuuuu aja jadi bayang bayangannya anak ipa. Masuk bab integral eeeh ketemu lagi titik balik minimum di luas daerah sama volume benda putar

masuk persamaan linear, eeeh ketemu lagi persamaan kurva titik balik minimum

kayanya ngga ada abisnya tuh titik balik minimum

kalo jaman smp gue selaluuu lupa, tiap mau ulangan pasti nanya "eh kalo x kuadratnya positif, kurvanya terbuka ke atas apa ke bawah?"

kebiasaan itu berlanjut sampe kelas 12 sma

sampe akhirnya wita dateng dengan cahaya pencerahan dan bilang "inget aja, positif mangkok, negatif payung. Positif minimum, negatif maksimum"

sumpah saat itu mukanya wita bersinar sinar kaya spirtus kalo kena api

di suatu sore, tepatnya minggu kemaren pas mau uts matematika

gue ngerasa pusiiiiinggggg banget liat cacing cacing di buku gue yang ngga lain dan ngga bukan adalah simbol integral yang aduhaaaiiii

trigonometri yang ngga pernah gue bisa dari kelas 10 (apalagi kalo integral ditambah trigonometri : mau jadi apaaaa?)

bikin gue ngebolak balik buku paket mate karangan pak sukino yang disuruh beli sama pa ucup

Ngga ngerti sama buku karangannya pak Sukino, gue buka buku matematika lungsuran dari Bang Ditra yaaa kira kira 3 taun lalu lah dia SMA nya, sekarang udah enak enakan dia kuliah (ngga enak enakan juga sih)

Tangan gue masih ngebulak balik bukunya ditra yang kertasnya udah kumel (kumelnya ngga tau sering dibaca ngga tau gara gara ditaro di gudang)

Mata gue tertuju ke gambar mobil yang menuhin celah celah kosong di halaman itu, disitu nomer platnya D 17 RA. Sumpah gue langsung mikir ”anjrit kakak sepupu gue norak abis”

Di halaman yang sama gue nemuin contoh soal luas daerah yang dibatasi oleh kurva dan garis lurus. Kurvanya berbentuk mangkok dan persamaannya y = x2

Ngga tau kenapa gue jadi merhatiin kurva itu

Kalo dipikir pikir, kurvanya kaya grafik gue

Gue senyum senyum sendiri

Ngga bermaksud nyombong atau gimana loh yaaahh

Kayaknya gue ada di atas pas gue SD

Pas SD, gue ngga pernah yang namanya rangking dibawah 5 besar.

Kalo ngga rengking 1 ya rengking 2, malahan kalo rengking 3 aja gue udah pengen nangis

Jadi murid teladan

Jadi murid yang selalu bisa ngerjain soal yang buat temen temen sekelas gue susah banget

Jadi murid yang ngga pernah ada angka 7 nya di rapot

Jadi murid yang selalu disayang guru karena nilai-nilai gue selalu bagus

Jadi murid yang selalu disenengin sama guru gara-gara sopan

Jadi murid yang dapet nem tertinggi di sekolah

Jadi murid yang jadi ratu pas perpisahan sekolah gara-gara berprestasi

Masuk ke smp

Gue masuk ke kelas 7a yang jadi kelas tempat ngumpulnya anak-anak yang punya nem terbesar se kota bogor

Hhhh semester pertama kayaknya sediiiiiiiihhh banget ngga bisa masuk 5 besar lagi kaya pas SD

Sejak dari situ gue jadi bukan gue yang kaya SD lagi

Bukan murid teladan

Bukan murid yang bisa ngerjain semua soal yang susah

Bukan murid yang nilai-nilainya bagus lagi

Bukan murid yang ngga ada angka 7 nya di rapot

Dari situ kayanya grafik prestasi gue teruuuuuuussss turun

Suatu saat, pas kelas 8 smp ulangan matematika bab equotation of Straight Line

Gue sama Zaky (temen sekelas gue pas SMP) seneng bukan main gara-gara nilai kita berdua dapet 10 buat soal sesusah itu!

Senengnya luar biasa, sampe ada temen sekelas gue (gue lupa siapa) nyamperin gue sama zaky dan nanya “Nilai lo emang berapa?”

Gue dengan bangganya bilang “sepuluh dong”

Dia ngakak setengah mati dan bilang ”Gue aja yang dapet 25 biasa aja hahahaha....”

Gue langsung diem dan pias, jadi gue dapet nilai 10 dari skala 0 sampe 100

Oh my God, itu pertama kalinya dalam sejarah hidup gue, gue dapet nilai 10.

Nilai sepuluh yang sama artinya sama nila 1 untuk skala 0 sampe 10

Gue sempet ngga percaya, tapi gue liat tulisannya ya emang tulisan gue

Apalagi gue sempet down pas nggak diterima di SBI Smansa, sedangkan temen temen gue yang lain bisa diterima. Shock luar biasa sampe gue pingsan pas pengumuman

Untungnya nem gue 28,13 yang artinya ada di batas aman passing grade smansa

Kelas 10 di smansa rasanya kaya ke sekolah buat main

Yaaa apalagi sejak ada rolling class yang kelasnya tukeran sama kelas X-1

Yaaa 1 minggu di kelas mbah jagur, 1 minggu di lab fisika samping toilet

Udah aja itu tiap hari kerjanya : dateng ke sekolah, tidur di kelas, makan di kelas, tidur lagi, ekskul. Udah.

Dan grafik gue makin turun dan terus turun sampe kelas 12 ini

Saat itu gue mikir : Sampe kapan gue sekolah sia-sia?

Sampe kapan nilai rapot gue cuma jadi pajangan doang?

Sampe kapan gue mau ngga ngerti semua pelajaran?

sampe kapan grafik gue mau turun terus?

GUE PERLU TITIK BALIK!!

Gue perlu titik balik yang bikin grafik gue naik, ngga cuma turun terus

Gue harus berubah, jangan mau bikin perosotan terus, harus bisa bikin tanjakan!

Meskipun tanjakan itu susah didaki

Grafik gue harus berbalik ke atas, jangan mau turun!

Tapi gimana caranya bikin titik balik minimum?

Gue inget kata kata bu diana di Quin, dia bilang

”Ya kalau mau bikin titik balik minimum, koefisien dari x2 harus positif”

Itu sama artinya : kalo mau berubah, harus bisa positif

Positif thinking

Positif learning

Ya, semua yang gue lakuin harus positif!

Karena semua yang positif Insya Allah jadi sesuatu yang maksimal.

Alhamdulilah banget, pemikiran itu bisa ngerubah gue sedikit demi sedikit

Nilai nilai gue membaik dan alhamdulillah kalo guru nerangin gue nggak makan atau tidur lagi di kelas

Gue harus ngejar materi yang ketinggalan pas kelas 10 dan 11

Yyaaaa meskipun gue tau nggak gampang, tapi gue berusaha nyisikan waktu gue sejam sehari buat ngulang materi yang sempet gue tinggalin pas kelas 10 sama 11. and it works!

Notes ini gue biin mudah mudahan bisa jadi inspirasi buat temen temen yang mau berubah, yang mau nyari titik balik minimumnya dan berbalik ke atas, yang nggak mau grafiknya turun terus.

Dan sekarang gue ngerti, kenapa Allah biarin grafik gue turun? Karena Allah pengen gue nemuin titik balik minimum gue dan meneruskannya e atas hingga nilai y sama dengan tak terhingga. J

You Might Also Like

2 bawelan