Welcome to our website !

Ternyata Sesuatu yang Menurutmu Sepele, Bisa jadi Mimpi Puluhan bahkan Ratusan Orang di Luar Sana

By 14.28

Gue mengalihkan perhatian gue sejenak dari buku Mate karangan pak Sukino yang warnanya ijo pas Bagas masuk kelas gue dan disambut kata kata "deuh" dari anak sekelas. Hahaha langsung deh mata gue ngelirik ke Nada yang duduknya di belakang gue. Mukanya Nada malu malu gitu deehh hahaha.


Ternyata Bagas bawain surat panggilan buat Nada sama Nanad, "Nada sama Nadia dipanggil ke BK," kata Bagas sambil ngasihin suratnya ke Pak Yusup. Kontan Nada sama Nadia langsung minta izin buat ninggalin kelas dan pergi ke BK saat itu juga.
Gue menebak sesuatu..............

Sampe bel istirahat mereka belum balik-balik juga dari ruang BK. Nggak lama setelah bel istirahat bunyi, gue keluar kelas, biasa laaah buat nyari udara seger sambil dengerin lagu. Pas Ne Yo baru nyanyi "I can get it back but....." mata gue nangkep sosok Nada, Nanad, sama Raidha baru dari ruang BK, mukanya kusut banget. Ternyata gue nangkep mata Nada sama Raidha merah.

"Naaaddd...." gue langsung nyamperin mereka bertiga, "Rai, kenapa? Pasti PBS yaa?" Nada ngangguk sambil ngusap ari matanya, gitu juga Raidha. Ternyata mereka nangis soalnya sekolah bener bener nggak ngebolehin siswanya yang udah keterima IPB buat nyoba UM manapun lagi. Katanya mereka bakal nahan ijazahnya.

Sedih banget jadi Nada, Raidha, sama Nanad. Iyalaaah rasanya kaya cita-cita mereka dibatesin sama sekolah, serasa masa depan mereka didikte sama sekolah. Keselnya kebayang banget, orang mereka bertiga udah daftar PBS, udah cetak kartu peserta, bahkan udah bayar verifikasi. Dan sekolah cuma bisa bilang "Itu sih resiko" pedih banget rasanya. Mungkin Nada, Nanad, atau Raidha lebih kuat dari gue. Kalo gue yang ada di posisi mereka gue bisa ngamuk ngamuk.

Saat itu gue cuma bisa nyaranin mereka supaya orangtuanya dateng dan ngomong sama kepala sekolah. Ternyata hasilnya nihil. Kepala sekolah sama sekali nggak ngebolehin. Yaa mungkin kepala sekolah juga jadi serba salah sih yaa. Mungkin gara gara itu......

Sebenernya Smansa cuma dapet jatah 63 orang buat PMDK tahun ini dari IPB, tapi karena kepala sekolah sama Bu Marlen mohon mohon sama rektor IPB buat nambahin kuota dan mereka janji kalau ditambah kuotanya tahun ini, yang keterima bakal diambil 100%, akhirnya Smansa dapet jatah PMDK IPB 93 orang. Amazing emang. 93 oraangg!!

Sumpah gue makin kesel sama Smansa. Kenapa sih nggak mau nerima kenyataan kalau emang 63 orang aja? Kenapa harus maksain sih?

Malem abis pulang Quin gue belajar kimia buat truyout hari ini, setelah kira kira dua jam belajar gue mulai butuh something yang bisa refresh otak gue. I opened my laptop and I began to online. Tiba tiba seseorang BUZZ gue and said "Assalamualaikum Dania". Ternyata Mas Faiz.

Mas Faiz itu dulu sekomplek sama gue di rumah gue yang lama, tinggalnya persis di belakang rumah gue. Waktu itu gue kelas 1 SMP dan dia kelas 1 SMA. Mas Faiz harus pindah ke Semarang gara-gara papanya pindah tugas.

Seperti biasa kalo ngobrol sama Mas Faiz selalu menyenangkan, Mas Faiz selalu bisa ngerangkai kata kata jadi kalimat yang bisa bikin semangat. Mas Faiz selalu aja bijak, tapi Mas Faiz nggak ngebosenin. Mas Faiz kalo baca jangan geer yaa hehehe. Sekarang Mas Faiz Kuliah udah semester 3 di Universitas Diponegoro, kedokteran.

Sampai sampai obrolan berlanjut ke topik PMDK IPB dan smansa. Gue cerita tentang kuota dari tahun ke tahun buat smansa yang dikasih IPB, sampe tahun ini smansa dikasih jatah lebih gara gara kepsek mohon mohon sama rektornya.

Ini penggalan obrolan gue sama mas Faiz

harsaputra_faiz: kenapa gitu ya, dek? kalau nggak mau masuk IPB ya jangan daftar PMDK.

daniasyalala: ya mungkin wajar mas kalau anak anak smansa jadiin IPB cadangan. mungkin pengennya ITB atau UI.

harsaputra_faiz: aku nggak bisa lihat sisi ‘wajar’nya.

daniasyalala: yaa gimana ya mas, dari taun ke tahun begitu dan selalu boleh dilepas. Jadi mungkin angkatan aku nganggep ini cuma gertakan aja, tapi ternyata lain.

harsaputra_faiz: ya hikmahnya jangan menyepelekan peringatan lah. Kamu mau denger sesuatu nggak?

daniasyalala: mauuuuu, cerita mas faiz selalu seru. hehehe

harsaputra_faiz: hahaha gini ceritanya

daniasyalala: gimana mas?

harsaputra_faiz: jadi dulu waktu aku masih kelas 3 sma, saama kayak kamu sekarang, temen-temen di sekolah aku banyak banget yang kepingin masuk IPB. Yang daftar PMDK IPB aja setengahnya dari angkatan aku. Mungkin karena rata-rata orang sini menggantungkan hidupnya dari pertanian.Yaa SMA aku kan bukan SMA tengah kota kaya sekolah kamu, dek.

daniasyalala: hahahha iya sih mas. Terus terus?

harsaputra_faiz: aku punya sahabat namanya bayu. Kalau menurut aku, Bayu itu wah bangett. Dia orang yang bisa tersenyum dalam keadaan apapun, tapi bukan orang gila lho ya. hehehe

daniasyalala: otaknya beres kan mas? hehee

harsaputra_faiz: beres. Dia itu rajin banget. hehehe

daniasyalala: terus terus mas?

harsaputra_faiz: bapaknya punya ladang gitu, dia anak satu satunya yang laki laki. Bapaknya pingin kalau dia bisa ngehidupin adek adeknya pake ladang itu.

daniasyalala: jual aja mas ladangnya, dapet uang deh.

harsaputra_faiz: yah bukan gitu dek, kalau dijual namanya hilang hehe. Terus dia berniat ngelanjutin kuliahnya di IPB ambil jurusan semacam teknologi pertanian. Aku kagum banget liat semangatnya Bayu, malahan dia mau jadi mentri pertanian, mau bikin pertanian di Indonesia jadi maju. Mau mengembalikan image indonesia yang dulunya negara agraris. Mulia banget kan cita citanya?

daniasyalala: iyaaa, kaya aku juga mas, aku mau jadi mentri perindustrian

harsaputra_faiz: amin. Tapi sayangnya Bayu nggak keterima PMDK, aku juga nggak ngerti kenapa dia nggak diterima.

daniasyalala: iya sih mas, PMDK kan aneh penilaiannya. Terus2?

harsaputra_faiz: dia sedih banget. Rasanya mungkin seperti mimpinya runtuh, dia sedih tapi masih bisa senyum. Sekolah kamu beruntung banget lho dek bisa dapet kuota sebanyak itu, kalau sekolah aku paling banyak 9 orang. Makanya aku ndak habis pikir, teman teman kamu yang udah seberuntung itu masih tega jadiin IPB cadangan.

daniasyalala: iya yaa mas.

harsaputra_faiz: teman teman kamu sadar nggak dek kalau ternyata hal yang mereka anggap sepele, yang mereka anggap ”CUMA IPB” terus mereka buang gitu aja, kalau ternyata itu semua adalah mimpi puluhan bahkan ratusan orang diluar sana. Kasihan kan dek.

daniasyalala: iya ya maaaass kasian bangeeett, terus bayu gimana?

harsaputra_faiz: bayu sekarang di UMY, IPKnya selalu diatas 3,5

daniasyalala: jagoo, kalau orang pinter mah dimana aja juga tetep ya mas hahah

harsaputra_faiz: iya, insya allah

daniasyalala: doain aku dapet UGM dan ITB ya mas

harsaputra_faiz: pasti aku doain. Oya, saran aja, kalau kamu memang punya mimpi kejarlah mimpi itu sampai ada di tangan kamu, tapi jangan pernah persulit dan jangan pernah korbankan cita cita orang lain. Insya Allah, Allah akan mempermudah urusan kamu jika kamu mempermudah urusan orang lain.

daniasyalala: iyaaa maaasss. Tuh kan bener kalo ngobrol sama mas faiz selalu ada sesuatu yang aku dapet.

harsaputra_faiz: semoga jadi manfaat ya dek!

Dan gue baru sadar, dibalik sesuatu yang kita anggep sepele, bisa jadi tersimpan puluhan bahkan ratusan mimpi orang lain.

Buat semua yang baca, kalau kalian punya kesempatan lebih, pergunakanlah kesempatan itu sebaik dan sebijaksana mungkin jangan sampai mengecewakan orang orang diluar sana. Dan untuk orang orang yang punya mimpi, kejarlah mimpi kalian sampai mimpi itu ada di tangan kalian tanpa harus mengorbankan orang lain.

Buat teman teman yang dapet PMDK IPB, perjuangkanlah apa yang kalian cita-citakan, tapi kalau memang harus disana, positive thinking pasti Allah ingin menunjukkan sesuatu pada kalian. Gue selalu berdoa yang terbaik untuk teman2 rakit bambu.

Selamat berjuang bersama, teman teman!

You Might Also Like

2 bawelan