Welcome to our website !

Wawancara PBS UGM

By 15.00

Okay, semuanya udha siap

JOGJAAAAA I'M COMING........

akhirnya gue berangkat sama mama tanggal 6 Maret 2010 pesawat jam 11.45

Hmmm pertama kalinya gue ke Jogja, seneng deh pertama kali ke Jogja karena diterima PBS UGM hehehe


Di ruang tunggu soekarno hatta nyokap gue ngobrol2 juga sama yang duduk di sebelah gue, ternyata dia juga diterima UGM. Ternyata dia TI juga hahaha

M : keterima UGM juga ya, Dek?

O : Iya. Tante juga

M : Iya, anak saya, teknik industri.

O : Wah, saya juga TI tante. Sama dong.

(deuh deuh temen temenya langsung ngeledekin bilang "kenalan dong kenalan")

Siingg.... gue langsung liat calon temen gue hahaha

M : Dari SMA mana?

O : Sma 2.

M : jakarta?

O : Saya bandar lampung tante.

Buuuseeett jauh bener ya?

Akhirnya jam 13.05 udah nyampe di Adi Sucipto International Airport

pas baru ngambil bagasi, di depan pintu udah ada Aie sama Kibo, ngga berapa lama gue sama Aie cabut ke hotel, kibo masih mau nungguin Thufeil yang pesawatnya nyampe jam 2.

Nyokap gue mesen taksi dan ngga berapa lama taksinya dateng

Di dalem taksi gue celingak celinguk ngeliatin jalan

Waahhh ternyata ini yaa Jogja, hmmm panasnya ngga jauh beda dari Bogor

Akhirnya gue nyampe hotel yang udah dibookingin sama temenya Papa

Pas gue masuk kamar....... gue ngga ngomong apa apa

Nyokap gue kayanya ngerti deh maksud gue, "Yaudahlah, Dek, lumayan. Ya abis mau gimana lagi semua hotel udah penuh, mau ngga mau lah."

yaudahlah, balik lagi ke niat awal, disini kan bukan buat liburan tapi buat wawancara.

Gue nyalain AC, setelah beberapa lama, AC nya ngga kerasa dingin juga

Nyokap gue stress deh, akhirnya gue ke bawah manggil bellboy

Ternyata AC nya rusak, dan akhirnya kita pindah kamar ke kamar yang paling pojok

Ternyata setelah beberapa lama, AC nya ngga dingin juga

Mulai deh bawelnya nyokap gue keluar,

nyokap gue complain abis abisan sama hotelnya

Gue nyoba buat nelfon sana sini nyari hotel, ternyata emang semuanya FULL

AHHHHHH bete bete bete

Akhirnya yaudah gue bertahan

Pas gue mandi..............

Anjir apa apaan nih, airnya kecil banget!

Aaahh betenya nampol deh.

Jam setengah empat gue mulai meluncur ke UGM buat sharing sharing sama aa dan teteh

karena gue sama mama sama sama belum makan siang, kita makan siang dulu di foodcourtnya UGM. Gue makan gado gado, nasi, es jeruk terus mama makan nasi goreng sama teh manis

terus nyokap gue ngasih 20 ribu buat bayar makan nyokap gue doang. "Mamah ga ada receh lagi nih, Dek. Kamu pake uang kamu dulu ya kalau mau bayar, nanti mama ganti"

Gue bayar tuh yah ngasih 20 ribu. "Nggak sekalian aja sama yang si Mbak?"

"Oh iya, yaudah." kirain gue bayar masing masing, soalnya tempat jualan nasi goreng sama gado gado beda. Pas gue mau ngambil uang di dompet, gue malah dikasih 5 ribu sama pedangangnya. "Loh, Bu, katanya sama yang saya juga?"

"Iya ini udah sama yang si Mbaknya juga?"

HAAAHHHH? jadi makan minum berdua cuma lima belas ribu? gelogelogelo, sulit dipercaya ini.

Ngga berapa lama kemudian, Tenny dateng sama mamanya. Terus Vikri, kibo, sama thufeil dateng. Akhirnya kita ke tugu UGM, tempat janjian sama aa dan teteh. Ada teh ayu, teh vania, a philip, a bagus, a siapa lagi yah.... lupa hahaha

Haduh tinggal aie nih, dia bimbang antara mau dateng kesini atau mau stay di hotel hahaha cape dia kayanya, katanya sih badan serasa remuk.

Akhirnya kita pindah tempat, ngga di tugu, tapi di belakang gedung rektorat.

Kita sharing sharing harus gimana wawancaranya. katanya sih harus rileks dan sopan. jujur aja

Pokonya seru deh sharing sharing sama aa dan teteh, aa dan tetehnya baik baik.

Kira kira jam setengah tujuh, kita bubar deh. Gue sama aie langsung balik ke hotel, istirahat, sholat dan siap siap buat besok. untung teh ayu mau minjemin celana bahan, soalnya gue rencananya mau pake jeans item hahahaha gini nih kalo yang ga pengalaman wawancara.

Pas sampe di hotel, gue sama ibu mampir ke circle K dulu yang letaknya di depan hotel.

Ngga barapa lama dateng deh febri hahaha mau nagih janji gue, dia belum nraktir gue pas ulang taun. Akhirnya dia nraktir nasi bakar deh.

Hemmm.....

akhirnya wawancara dateng juga, sebelum wawancara gue sama nyokap breakfast dulu di bawah. Kira kira jam tujuh lebih lima belas, gue cabs ke UGM

Disana........

wow lumaya rame. gue ketemu banyak orang yang gue kenal.

ada hanna, vikri, bagas, andra, dan banyak lagi, gue lupa hahahha. Ada juga anak anak tarnus berseragam gitu.

Akhirnya gue masuk, ngisi daftar hadir, dan ke ruang tunggu.

Di ruang tunggu gue ketemu sama listyo dan andra. Gue juga kenalan sama cewe dari palembang, dia teknik industri juga, namanya Indah. wow jauh jauh yaa.... pas di airport ketemu sama calon anak TI juga dari bandar lampung

"Meja 10"

salah satu panitia teriak kaya gitu. gue maju, ternyata ada satu orang lagi yang maju. Ternyata dia nomer urut 5 dan gue nomer urut 4. Artinya gue yang dipanggil.

Dengan langkah tegap gue masuk ke dalam ruang wawancara. Ruanganya di sekat sekat gitu kaya pameran di JHCC waktu itu.

Akhirnya gue nemu juga tempat gue wawancara.

First impression, kayanya gue hoki deh, dari tampangnya sih baik.

Ini percakapan wawancara gue.......

D : Selamat pagi, Bu, Pak. (sambil menyalami keduanya dengan genggaman yang yakin, soalnya harus yakin katanya)

well pewawancaranya ada dua orang, satu psikolog, satu lagi dosen TI.

B&I : Pagi.

gue ga disuruh duduk nih, bete.

D : boleh saya duduk?

B&I : oiya silakan silakan.

I : Dania, disini kamu mau teknik industri ya?

D : Benar bu.

I : memangnya kamu tau darimana tentang jurusan teknik industri ini?

D : Jadi saya sering ngobrol ngobrol sama Om saya, kebetulan Oom saya itu punya pabrik bu. Terus dia sering cerita cerita tentang dunia teknik industri, saya jadi tertarik.

I : Ooo punya pabrik? Memangnya dimana lokasi pabriknya?

D : Di daerah sentul, Bu.

I : Bergerak dalam bidang apa?

D : Plastik, Bu. Bijih plastik.

I : Ooo terus gimana itu skalanya? internasional atau nasional atau gimana?

D : setahu saya sih, Bu, jangkanya internasional soalnya om saya sering bulak balik ke jepang atau Thailand.

I : Ooo gitu, terus kamu punya kakak kelas yang disini? Jurusan teknik industri?

D : Kalau teknik banyak banget, Bu. Kalau Teknik industri sih tahun lalu ngga ada, Bu.

(dalem hati gue, ini si bapa kerjanya ngapain kok ga nanya nanya. si bapanya cuma diem ngangguk ngangguk)

I : oooo terus kalo papa kerjanya apa?

D : Kalo papa ekspor impor coklat mentah bu.

I : kemana aja itu?

D : ke malaysia bu.

I : terus buat apa coklat mentah?

D : kan kalau coklat mentah itu bisa buat bahan dasar kosmetik, Bu. seperti bedak.

I : Itu dimana perusahaannya?

D : Di makassar.

I : Lho jadi papa di makassar apa gimana?

D : jadi kadang kadang papa sebulan disana, terus dua bulan di bogor. kaya gitu bu

I : terus kalau di Bogor, perusahaannya gimana?

D : kan disana ada oom juga. jadi kaya perusahaan keluarga

I : kalau mama kerja?

D : mama mengelola TK bu. kebetulan TKnya sengaja di sebelah rumah lokasinya biar gampang. TK franchaise, mungkin ibu penah denger TK. Tumble Tots

I : Ooo iya iya. (sambil ngangguk ngangguk) Terus kalau di sekolah kegiatanya apa?

D : Oh, saya ikut OSIS, KIR, bulutangkis, sama broadcasting.

B : (akhirnya si bapak ngomong juga) menjabat sebagai apa disitu?

D : kalau osis saya menjabat sebagai anggota sekbid olahraga, kalau bulutangkis sama broadcast saya sekertaris, kalau KIR saya anggota divisi astronomi.

I : Terus kalau bulutangkis itu emang suka atau gimana?

D : Iya bu, saya dari kecil suka bulutangkis.

I : pernah ikut turnamen turnamen sampai dapet prestasi yang emmbanggakan gitu nggak?

D : Belum, Bu. Dan mama kurang setuju kalau saya fokus kesana. Karena kalau bener bener mau serius kan harus ngorbanin waktu sekolah, mama kurang setuju, mama pengenya saya fokus ke sekolah dulu. Jadi bulutangkis saya jadiin hobi buat menghilangkan stress aja kalau penat belajar.

I : kalau prestasi di sekolah gimana? Kan kamu ikut osis? Terus kemarin rengking barapa?

D : Alhamdulillah saya kemarin rengking 2.

I : Pernah merosot nggak?

D : Pernah bu, waktu kelas 2, lagi sibuk sibuknya osis. Rangking saya jatuh banget bu.

I : terus mama gimana?

D : mama sih sempet marah, dan sempet ngelarang saya ikut osis. Tapi semester selanjutnya saya bisa buktiin kalau osis nggak ngeganggu pelajaran. Setelah saya buktiin, mama jadi nggak ngelarang saya lagi.

B : Kamu ikut osis ya? Terus pernah nggak kamu ikut demo demo?

D : Wah kebetulan belum, Pak. Lagipula Osis di sekolah saya lebih memperhatikan gimana caranya membenahi sekolah sendiri dan membuat siswa siswinya nyaman, seperti buat kegiatan kegiatan.

B : memangnya ngga pernah kamu ada selisih pendapat? Kalau di kelas gimana?

D : selisih pendapat sih pasti ada pak, sama guru sering, sama pihak sekolah juga sering. Tapi demo bukan satu satunya jalan untuk menunjukan ketidak setujuan kita. Alhamdulillah sekolah saya, sekolah yang sangat menghargai pendapat (wae) jadinya kalau ada selisih pendapat cara mengatasinya lebih ke diskusi.

B : Ooo, kalau pendapat kamu tentang demo anarki yang ngerusak rusak itu gimana?

D : saya nggak setuju banget pa, soalnya bukan menghasilkan sesuatu, tapi merusak. Kalau fasilitas umum rusak, toh kita juga yang rugi.

B : Jadi sebaiknya gimana?

D : Saya lebih suka mengatasi masalah dengan cara diskusi, Pak. Soalnya diskusi itu lebih ada hasilnya daripada harus demo anarki.

Ibu dan Bapak pun ngangguk ngangguk

I : terus dania pernah tinggal pisah dari mama dan papa?

D : belum, Bu.

I : Lha terus gimana kalau nanti disini?

D : justru itu, Bu, saya milih Ugm karena saya mau berusaha belajar mandiri. Saya mau buktiin ke orangtua saya kalau saya bisa mandiri

I : Terus cita cita kamu apa sih?

D : hehe saya pengen jadi mentri Bu.

B : Mentri apa?

I : Ya mentri industri ya Dania ya?

(ketawa deh bareng bareng)

D : Iya Bu, gantiin MS Hidayat hehe.

B : Ah tapi saya nggak yakin, selama ini ngga ada mentri yang lulusan teknik industri. (wah mulai memojokkan nih)

D : kalau gitu, saya Insya Allah jadi yang pertama, Pak.

(ngangguk ngangguk deh tuh berdua)

I&B : Amin.

I : Terus kan jadi mentri nggak semudah itu, kalau rencana kamu setelah ini gimana?

D : Setelah saya lulus dari UGM, kalau saya diterima, saya mau lanjutkan S2 sambil kerja, saya juga ikut parpol bu.

I : Oo mau S2 juga?

D : Iya, Bu. Insya Allah

I : kemarin ini ikut pemilu?

D : belum, Bu. Saya lahirnya bulan agustus, Bu. Jadi baru 17 tahun bulan agustus

B : tapi ada kan partai yang udah jadi pilihan

D : adalah pak hehe

I : dania ini anak pertama ya? Adiknya umur berapa?

D :adik saya baru kelas 1 sd Bu.

I : Wah jauh ya jaraknya. Suka berantem ngga?

D : sering Bu, mungkin saya udah keenakan jadi anak tuggal jadinya gitu deh bu.

(kayanya berdua kehabisa pertanyaan dan tiba tiba........)

I : SUDAH PUNYA PACAR BELUM? (sambil ketawa ketawa)

(WHAAATT? Ngga penting banget pertanyaannyaaaaa)

D :” (gue becandain lagi aja) wah kebetulan belum, Bu. Rencananya saya malah mau nyari disini. (apa ibu punya anak laki laki bu? HAHAH ngga ngga ini becanda, gue ngga ibu punya anak atau ngga)

I : Oooh jadi mau nyari pacar? Hahahahha (bapak dan ibu ketawa). Kenapa ngga punya pacar?

D : Ah, belum ada yang srek di hati, Bu. Hahaha lagian nanti dulu lah, tunggu saya keterima UGM dulu, Bu.

I : Hahahah haduuhhh....

(Si ibu dan bapak bertatap tatapan)

I : Udah? (si ibu nanya ke si bapa)

B : dari saya udah

I : oke, yaudah. Makasih ya, Dania. Ditunggu aja pengumumannya.

D : Iya, Bu, Pa. Makasih. Selamat pagi (sambil salaman lagi)

Gue meninggalkan tempat itu dan setelah beberapa langkah.......

Waduh map gue ketinggalan di meja wawancara, gue balik lagi

Dan.......

BAPAK SAMA IBUNYA LAGI KETAWA KETAWA.

Aduh ngetawain gue deh pasti

D : Bu, maaf tadi kelengkapan saya ketinggalan. Bisa saya ambil?

I : Oh iya silakan silakan. Ini ada yang ketinggalan jugam punya siapa ya ini?

D : Oh sekalian aja, Bu, nanti saya kasihkan ke panitia di depan. Permisi Bu, Pak.

Gue langsung keluar

Dan di pintu keluar udah ada nyokap gue, terus disun deh gue sama nyokap gue.

Pas itu nyokap gue langsung heboh ”teteh ini mamah beliin kaos, nih warna kuning tulisanya being UGMers. Yang juala anak TI loh, siapa tau kamu bisa masuk TI juga.”

AMIN MAH AMIN.

”jadi kita kemana nih mah sekarang?”

”Malioboro aja. Ayo cari taksi”

Gilaaaaaaaaaaaa jogja ajib abis deh, gue keabisan kata kata. Kotanya asik banget, orangnya ramah ramah, makan murah, semuanya murah bangeett. Asik banget kalo gue disini nantinya.............

You Might Also Like

0 bawelan