Welcome to our website !

Untuk Mama dan Papa

By 14.56

Tadi pagi bad mood gue kambuh lagi, dan amat sangat parah. Sampai sampai gue ngelakuin sesuatu yang sama sekali nggak tepat pada tempatnya.

Awalnya gue bangun pagi tanpa sholat subuh, oke gue tau ini fatal, tapi beneran gue bener bener telat bangun. gue ngga kepikiran buat sholat subuh sama sekali sampai akhirnya gue langsung aja mandi.

Sebelum mandi gue beresin buku buat hari ini, ini kesalahan lagi, biasanya gue beresin buku malem sebelum tidur dan setelahsholat isya. Dan tadi malem gue ngga sholat isya. Ngga tau kenapa dan ada setan apa yang masuk ke otak gue mengembangbiakkan racun, sampe sampe racunnya terus menerus ada di otak gue sampe besoknya.

D : “Pah kemaren fotokopi sertifikat berapa kali?”

P : ”Satu kali...”

D : ”Ih kenapa satu kali sih pah?” gue bilang gitu dengan muka gue yang jutek banget. Gue pergi dan ngeringin rambut di kamar.

Ternyata bokap gue buka brankas dan ngambil file-file yang gue butuh di semacem brankas.

P : ”Kamu kenapa ngga bilang kalau harus fotokopi banyak.”

D : ”Ya papah aja kenapa ngga fotokopinya banyak. Kan pasti butuh banyak.”

Gue masih bete, muka gue ditekuk banget. Terus abis ngeringin rambut, gue ke kamar belakang buat ngambil seragam yang gue mau pake hari ini. Gue tambah bete pas gue tau rok gue dua duanya belum kering.

D : ”Mbak desi, kok rok aku ngga ada sih? Kan dicucinya udah lama.”

Disitu gue kesel banget sama si bibi, ngga tau kenapa dia tuh bebel banget sih. Pas gue tanya dia Cuma diem.

Nyokap gue mulai ikut campur.

M : ”Rok yang mana? Kan ada rok yang satu lagi. Kan mama beliin tiga?”

D : ”Tiga? Kapan beliin tiga? Rok yang terakhir mama beliin tuh aku pake kemaren. Yang mana lagi coba?”

M : ”Kan ada yang satu lagi.”

D : ”Mana? Ngga ada kan? Yang satu lagi aku pake kemarennya sekarang belum kering kan? Gimana sih kok ngga keraing? Kan dicucinya udah agak lama.”

M : ”Kan kamu pulangnya malem kali dek!”

D : ”Ya tapi kan tetepa aja dipakenya kemarennya, mestinya hari ini udah kering dong mah!”

Gue ngomongnya dengan nada yang lumayan tinggi.

M : ”Ya kan ada yang lain, masih ada satu lagi kan?”

D : ”Yang satu lagi tuh udah belel banget. Mamah kemaren ngga beliin kan?”

M : ”Kamu tuh ke orangtua selalu bilangnya ngga pernah beliin. Kalo mama ngga pernah beliin kamu, kamu selama ini ngga pernah punya. Ngga pernah ada rasa terimakasihnya sama orangtua.”

Bad mood gue makin parah. Gue males berdebat sama bokap gue, pasti buntutnya panjang. Saat itu pikiran gue ngaco banget, gue pengen cepet cepet lepas dari orang tua dan ngelakuin hal hal yang gue pengen tanpa ada bawelan nyokap gue

Pas gue ke kamar nyokap gue, gue liat nyokap gue kayanya nangis

Oh God! Gue kesel, sebel, dan pengen marah.

Kadang nyokap gue kaya anak kecil banget, dikit dikit nangis. Padahal dia sendiri yang bilang : semua masalah nggak bisa diselesaikan dengan nangis.

Saat itu gue amat sangat kesel sama nyokap gue, tapi gue juga kesel sama diri gue sendiri. Di satu sisi gue ngga suka nyokap gue yang kaya anak kecil, di sisi lain gue kesel sama diri gue karena mood gue masih fluktuatif sampe sampe nyokap gue nangis.

Okay, gue adalah salah satu orang yang punya gengsi amat sangat tinggi.

Gue nggak mau nengis depan orang lain, sekalipun itu nyokap geu dan bokap gue.

Gue nggak mau terlihat lemah di depan orang lain, sekalipun itu nyokap sama bokap gue.

Ya, siapapun, pokoknya gue nggak mau keliatan lemah.

Bokap geu akhirnya turun tangan, marahin gue sampe sampe main tangan. Untungnya bokap gue masih bisa nahan dan cuma sekedar banting banting aja.

Saat itu gue kesel, gue pengen marah.

Selama ini gue nggak pernah sampe bener bener meledak.

Andai mama sama papa tahu kenapa

Kenapa saya nggak pernah mau nangis depan mama sama papa?

Karena saya nggak pengen mama sama papa khawatir. Saya nggak tega liat mama sama papa cemas gara gara saya.

Karena saya nggak pengen mama sama papa terbebani sama semua masalah yang saya hadapi.

Kenapa saya keras?

Karena saya pengen buktiin kalau saya bisa bikin mama sama papa bangga atas diri saya.

Karena saya pengen papa sama mama berpikir saya selalu bisa mengambil tindakan dan bisa memecahkan masalah saya sendiri.

Kenapa saya keras kepala?

Karena saya ingin menemukan sendiri hidup saya, bukan didikte oleh mama dan papa. Saya ingin tahu karena saya merasakan, bukan karena saya mendengar tanpa tahu dan peka apa yang terjadi di sekitar saya.

Semua yang saya lakukan saat ini tujuannya hanya satu, Ma, Pa. Saya ingin buat mama dan papa bangga nantinya.

Maafin saya, Ma, Pa, kalau caranya nggak sesuai dengan keinginan Mama dan Papa.

Tapi saya janji, suatu saat Papa dan Mama akan tersenyum bangga melihat saya bisa sukses, melebihi apa yang Mama dan Papa bisa bayangkan saat ini.

Yang mama dan papa perlu tahu, saya mencintai mama dan papa lebih dari banyaknya tetesan air hujan yang pernah turun ke bumi ini.

Saya menyayangi mama dan papa jauh lebih luas dari jagat raya ini.

Lebih dari banyaknya intensitas cahaya yang pernah menyinari kehidupan.

Lebih dari jumlah bintang yang ada di alam semesta ini.

Saya nggak tahu apa yang mama dan papa pernah pikirkan tentang saya, mungkin saja papa dan mama pernah menyesal memiliki anak seperti saya yang belum bisa memberi apa-apa, yang bisanya hanya minta, yang bebal, bodoh, dan keras kepala.

Tapi Demi Tuhan Allah yang menguasai seluruh alam, saya nggak pernah sedikitpun menyesal memiliki orangtua seperti mama dan papa. Mama dan Papa adalah hal yang paling berharga yang saya miliki, yang perlu saya jaga, yang perlu saya buat bangga, yang perlu saya bahagiakan.

Mama dan Papa adalah orangtua juara satu di seluruh dunia ini.


Aku, Mama, Devna


Ayah Juara Satu Sedunia


Aku dan Mama

Aku dan Mama

Mama dan Devna
Devna dan Papa

Sekali lagi maafkan saya, Ma, Pa. Tapi Insya Allah, saya akan menepati semua janji saya, hanya saja caranya mungkin sedikit berbeda.

You Might Also Like

0 bawelan