Welcome to our website !

My Name is Khan, and I'm Not a Terrorist

By 14.35

Pertama kali gue denger film My Name is Khan, dari Haikal.
Katanya filmnya bagus, tentang Khan (marga islam) yang disangkain teroris sama pemerintah Amerika. Hmmm gue jadi tertarik nih, tapi pas itu timingnya ngga tepat. Mau USM ITB sama mau UN. "Emang belom keluar dodol filmnya!" kata Haikal.

Evi, mulai deh di sekolah. "Gue pengen nonton my name is Khan" berulang ulang sampe bikin gue penasaran. Di FB, banyaaakkk benget statusnya yang ngomongin My Name is Khan. Gue makin penasaran.

Abis USM, abis UN. Gileee sepupu sepupu gue pada sampah semuanya, ga ada yang bisa diajakin. Alesannya buanyaaakkk banget deh ah.
Tapi akhirnya kemaren gue nonton jugaa....

Here is the synopsis :

Film dimulai saat seorang anak, Rizwan Khan (Tanay Chheda), seorang muslim yang mengidap sindrom Asperger, hidup bersama ibunya (Zarina Wahab) di wilayah Borivali di Mumbai. Saat ia dewasa (Shahrukh Khan), Rizwan pindah ke San Fransisko dan hidup bersama adik dan iparnya. Selama disana, ia jatuh cinta kepada Mandira (kajol). Mereka menikah dan memulai usaha.

Setelah peristiwa 9/11, Rizwan dan Mandira mulai menghadapi beberapa kesulitan. Dimulai dari sebuah tragedi, mereka berpisah. Ingin kembali memenangkan hati istrinya, Rizwan melewati sejumlah petualangan diberbagai negara bagian di Amerika.

My name is Khan, and I'm not a terrorist.
that's the mark of the film.

Salut banget, gilaa gue banyak banget belajar dari film ini.

Gue jadi inget bokap gue yang selalu bilang "Jangan pernah tinggalin sholat ya, Teh." Ya, di film ini nyeritain banget kalau dalam kondisi apapun, sholat nggak boleh ditinggalin. Salut banget pas dia lagi ada di penjara, dia tetep solat dengan keadaan yang kondisinya ngga memungkinkan buat sholat.

Gue bangga bisa jadi seorang muslim.
Ngga ada agama yang seistimewa islam, Islam menawarkan semua kebahagiaan. Percaya deh, kalau pegangan kita qur'an sama hadits, Insya Allah bahagia dunia akhirat.
Oke, disini ngga sama sekali maksud buat jadi bu ustadz apa gimana. Gue nulis ini bukan teori, gue cuma mau ngebagi sesuatu yang gue alamin. siapa tau berguna buat semuanya.

Dulu gue orang yang sangat amat malas kalau disuruh sholat, sekarang gue berusaha buat ngilangin sifat itu walaupun ngga bisa sekaligus. bukankah semuanya butuh proses?
Gue selalu takut mati, gue selalu takut akan hal hal yang aneh, yang nggak masuk akal. Gue selalu terlalu khawatir, selalu khawatir akan hal hal yang sebenernya nggak perlu dikhawatirkan.

Entah apa, tiba tiba gue nyadar kalau gue ini udah gede. mau sampai kana sih gue ngga karuan? Gue ini muslim, malu dong cuma islam KTP doang?
Gue coba buat sholat ngga belang bentong lagi.

Dan tau ngga efeknya?
efeknya dashyat banget, setiap sholat hati gue tenang, rasa takut akan hal hal yang nggak nggak sedikit sedikit ilang. Gue nggak terlalu khawatir lagi, karena gue punya Allah yang pasti bikin hidup kita terjaga dari hal hal buruk kalau kita mau bersama sama Allah. Modalnya cuma butuh percaya sama Allah dan ikutin apa kata katanya, jauhin yang kata Allah ngga baik.
Kalo dipikir pikir, mau kita ngelanggar juga Allah ngga rugi kok. Justru karena Allah sayang sama kita, makanya Allah buat aturan aturan itu.
Memang, ngga gampang, dan gue juga bukan orang yang baik, bukan orang yang bersih atau suci. Tapi gue yakin kok, Allah kan baik, Allah masih mau nerima usaha gue, mudah mudahan.

Di film ini gue juga belajar, di dunia ini ngga ada perbedaan ras, suku, bangsa, agama, dan lain lain. Yang ada hanya orang baik dan orang jahat. Karena pada dasarnya semua agama mengajarkan hal yang baik, sama sama mengajarkan kebenaran, dan tujuannya pun sama : menyembah pada penciptanya.

Ya, bener kata nyokap gue : agama bukan masalah yang pantas untuk diperdebatkan.
Setiap orang bangga atas agamanya masing masing, dan ngga ada yang berhak buat merusak rasa bangga itu.
Agama itu ibarat sungai, mengalir pada tempat yang berbeda, tapi tujuannya sama : muara. Ya, setiap umat beragama pasti sama sama menyembah Tuhannya, hanya caranya aja yang berbeda.

Sedih banget ya pas liat muslim diejek ejek gara gara WTC ditabrakin sama pesawat.
Gilaaa jahat banget. Gue sekarang ngerti kenapa orang orang sana benci banget sama muslim.
Emang, emang karena kejadian 9/11 itu efeknya dasyat banget. ekonomi hampir di seluruh dunia goyah. Pantes kalau orang orang yang kena efeknya benci.

Ini cuma salah paham aja kok. Tau ngga salah pahamnya dimana? Mereka yang nggak ngerti islam, menganggap bahwa jihad adalah salah satu perintah islam yang mengharuskan membunuh orang orang non islam. padahal itu seratus persen salah banget.

Padahal jihad adalah : Jihad dilaksanakan untuk menjalankan misi utama manusia yaitu menegakkan Din Allah atau menjaga Din tetap tegak, dengan cara-cara sesuai dengan garis perjuangan para Rasul dan Al-Qur'an. Jihad yang dilaksanakan Rasul adalah berdakwah agar manusia meninggalkan kemusyrikan dan kembali kepada aturan Allah, menyucikan qalbu, memberikan pengajaran kepada ummat dan mendidik manusia agar sesuai dengan tujuan penciptaan mereka yaitu menjadi khalifah Allah di bumi.

Jihad nggak harus dilakukan dengan cara bunuh bunuhan kok. Malahan Allah nyuruh kita buat Jihad dijalan kita masing masing, dijalan yang penuh cinta dan kasih sayang.
Percaya ngga sih kalau kita sebagai pelajar aja bisa disebut lagi jihad kalau kita lagi belajar.
Kita ngga bisa nyalahin orang orang sana yang menganggap jihad itu suatu yang kejam, loh orang mereka nggak ngerti jihad itu apa.

ya, ini beneran salah paham doang. Nah kita sebagai muslim yang ngerti, udah seharusnya kalau kita meluruskan dan memberitahu jihad itu apa.
Nah, muslim yang pernah disinisin atau gimana juga jangan dulu langsung marah. Orang mereka nggak ngerti kok, wajar kalau mereka kesel. Coba kasih pengertian dan lurusin tentang definisi Jihad.
Marah perlu, tapi nggak semua kemarahan harus ditunjukan dengan cara cara yang kasar dan anarki kan?

Di dunia ini cuma ada dua perbedaan : orang baik dan orang jahat.
Kalau kita berbuat baik maka kita akan jadi orang baik
Kalau kita berbuat jahat, maka kita akan jadi orang jahat.
So guys, which one will you be?

Sumpah, nonton ini banyak banget pelajaran yang bisa gue ambil.

You Might Also Like

3 bawelan